Selasa, 22 Juni 2021 : 10:24:07 WITA

Artikel

Menjemput Bola Kesejahteraan Masyarakat dengan Bakti Kesra

IMG-20140610-WA0003

LDII.or.id – Menyejahterakan masyarakat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari memberikan bantuan, mengadakan pelatihan, penelitian dan pendidikan. Pertanyaannya adakah suatu program kegiatan yang mencakup kesemua lini?

Jawabannya ada di ekspedisi bhakesra. Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara merupakan suatu program pengabdian masyarakat dengan memberikan bantuan, pelatihan, pendidikan dan penelitian bagi masyarakat di pulau terluar Indonesia.

IMG-20140610-WA0002

Budi Santoso koordinator ekspedisi dari Kemenkokesra menuturkan kita telah mengadakan kegiatan ini tiga kali, dan yang keempat adalah sekarang. Pada puncaknya diadakan sail untuk memeriahkan dan mensounding kegiatan sekaligus sebagai wadah promosi pulau tujuan.

“Kami sangat antusias dengan kegiatan ini, berbagai stakeholder terkait telah kami libatkan. Seperti Fortuga, Kemensos, PU, PKPU, SAKO Persada Nasional, Asosiasi Pedagang dan LDII. Semua ini untuk membantu masyarakat pulau terluar terbuka aksesnya dan semakin maju kesejahteraannya,” ungkap Budi.

IMG-20140610-WA0007

Setelah sukses dengan tiga sail sebelumnya, puncak ekspedisi tahun 2014 akan diadakan Sail Raja Ampat. Pemerintah akan menggelar pucak sail di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) pada 21 Juni 2014 di Raja Ampat Papua.

Sail Raja Ampat akan menjadi event internasional tahunan yang diikuti peserta dari berbagai negara. Beberapa negara yang ikut ambil bagian diantaranya Malaysia, Thailand, Australia, Belanda, Philipina, AS dan tentunya Indonesia sebagai tuan rumah.

IMG-20140610-WA0006

Kegiatan ini akan menjadi model percepatan pembangunan daerah kepulauan dan daerah terpencil. Syarif C Sutardjo Menteri Perikanan dan Kelautan yang juga menjadi Ketua Panitia Pelaksanan Tingkat Pusat mengatakan bahwa kegiatan sail akan menjadi model percepatan pembangunan daerah kepualauan dan daerah terpencil. Sail Raja Ampat juga sangat efektif untuk mempromosikan wilayah Papua dan sekitarnya sebagai tujuan wisata nasional dan internasional (Frediansyah Firdaus/Lines).