Sabtu, 18 September 2021 : 00:13:05 WITA

Artikel

Kapolres Jayawijaya Gelar Tatap Muka dengan Tokoh

Wamena, (21/1), unsur Pimpinan TNI/POLRI, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Paguyuban se-Kabupaten Jayawijaya melaksanakan Kegiatan Tatap Muka dalam rangka menghadapi Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2014 di Aula Ukhumiarek Asso, Komando Distrik Militer (Kodim) 1702/JWY.

Komandan Kodim (Dandim) 1702/JWY Letnan Kolonel Inf. Yusuf Sampetoding dan Kapolres Jayawijaya, J.E.Isir, S.Ik dalam kesempatan itu memberikan sambutan kepada peserta tatap muka agar Pemilihan Legislatif dan Pilpres dapat berjalan sesuai dengan rencana. Karena kelancaran pemilihan tersebut merupakan tanggung jawab bersama sebagai warga negara.

Masyarakat diminta mendukung dan menjaga keamanan dilingkungan tempat tinggal masing-masing. Pada saatnya pemilu digelar april nanti, masyarakat diminta aktif dalam kegiatan tersebut baik sebagai pemegang hak pilih dan pengawas pemilihan umum tersebut sebagai warga negara. Apabila terjadi penyimpangan segera laporkan ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) sebagai badan yang sah dalam mengawasi berjalannya Pemilihan Umum.

Dalam Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor VII/MPR/2000 tentang Peran TNI dan Peran Kepolisian Negara Republik Indonesia Pasal 5 tentang Keikutsertaan Tentara Nasional Indonesia Dalam Penyelenggaraan Negara diatur tentang netralitas TNI. Pada ayat 2 berbunyi Tentara Nasional Indonesia bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis. Kemudian pada ayat 4 juga ditegaskan bahwa TNI tidak menggunakan hak memilih dan dipilihnya. Netralitas Polri diatur dalam Pasal 10 pada TAP MPR tersebut.

Acara tatap muka tersebut dihadiri ± 100 orang peserta. Hadir pada kegiatan tersebut, sekretaris DPD LDII Kab. Jayawijaya, Muhammad Sufyan Setelah penyampaian-penyampaian yang diberikan dari Dandim dan Kapolres, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipimpin oleh moderator. (Vian/LINES)