Selasa, 26 Oktober 2021 : 03:46:59 WITA

Artikel

Pelantikan MABI dan Sakonas Pramuka Sekawan Persada Nusantara

slide

Pada akhir agustus (31/2014), DPP LDII mengadakan pelantikan terhadap Satuan Komunitas (Sako) dan Majelis Bimbingan (Mabi) Pramuka Sekawan Persada Nusantara Kantor DPP LDII Patal Senayan. Satuan komunitas sekawan Persada Nusantara merupakan pramuka yang berbentuk komunitas pertama yang dilantik DPP LDII untuk tingkat nasional.

Pada umumnya kegiatan pramuka hanya sebatas kegiatan ekstrakulikuler di Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Berdasarkan Permen Kemendikbud Nomor 81a tahun 2013, pendidikan kepramukaan wajib diterapkan di sekolah-sekolah meski keanggotaannya tidak diwajibkan. Pramuka dipercaya kalangan pelajar sebagai kegiatan ekstrakulikuler yang mampu membentuk karakter.

4

Pramuka memiliki filosofi tersendiri. Kegiatan Pramuka seperti tepuk pramuka dapat meningkatkan kesehatan dan nyanyian-nyanyian pramuka yang khas menjadikan suasana riang gembira. Di balik itu semua, kegiatan pramuka dapat membentuk karakter dan rasa per caya diri, namun bukan untuk menonjolkan atau menyombongkan diri. Pramuka juga dapat menyatukan masyarakat tanpa melihat latar belakangnya.

Inilah yang menyebabkan DPP LDII memfasilitasi warganya untuk membentuk Pramuka, yang nantinya menjadi salah satu kegiatan program Pembina dan Penggerak Generasi Penerus (PPG) dengan visi Berilmu, Mandiri, dan Berakhlakul Karimah. Nantinya, Sako Sekawan Persada menjadi kegiatan Pramuka berbasis masjid.

“Sako Pramuka yang berada di luar institusi sekolah baru diterapkan LDII. Meski belum ada di setiap provinsi, Saya berharap Sako Sekawan Persada Nusantara ini ada di setiap provinsi. Kami ingin sako sekawan persada berbasis profesional religius. Seperti saat kemah terdapat doa malam, salat berjamah, dan setiap permainan selalu bernilai ibadah,” KH Edy Suparto selaku Wakil Sekretaris Dewan Penasihat LDII

2

Kegiatan pelantikan dan pengarahan Sako Sekawan Persada ke depannya akan melakukan Rakornas. Sebelumnya, acara ini dihadiri oleh satuan komunitas dari beberapa daerah seperti Perwakilan Jawa Tengah, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Derah Istimewa Yogyakarta, dan Banten.

Acara pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 207 tahun 2013 Tentang Pimpinan Satuan Komunitas Sekawan Persada Tingkat Nasional dan Surat Keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramka Nomor 208 tahun 2013 Tentang Majelis Pembimbing Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara Tingkat Nasional.

3

Pada SK yang pertama setidaknya ditetapkan Pimpinan Sako Ashar Budiman selaku ketua, H. Arif Nurrokhim selaku sekretaris, dan Ibnu Anwarudin selaku bendahara beserta jajaran pengurus Sako lainnya. Sementara itu, pada SK yang kedua mengukuhkan struktur kepengurusan Majelis Bimbingan (Mabim), yaitu Prasetyo Sunaryo selaku ketua Mabim dan Edwin Sumiroza Selaku sekretaris beserta jajaran lainnya.

5

Mabim bertugas untuk memberikan bimbingan dan dukungan serta memfasilitasi terselenggaranya pendidikan kepramukaan pada Sako Sekawan Persada Nusantara. Ke depannya Sako Persada Sekawan Persada Nusantara menyegerakan pembentukan satuan Komunitas pramuka pada tingkat provinsi dan kabupaten atau kota (Khoir/Foto: Reza/LINES)