Rabu, 19 September 2018 : 17:39:00 WITA

Artikel

Pernyataan Sikap Forum Ukhuwah Islamiyah Majelis Ulama Indonesia Tentang Islamic State Of Iraq And Syria (ISIS)

PERNYATAAN SIKAP
FORUM UKHUWAH ISLAMIYAH MAJELIS ULAMA INDONESIA
TENTANG
ISLAMIC STATE OF IRAQ AND SYRIA (ISIS)

Forum Ukhuwah Islamiyah MUI yang terdiri dari ormas-ormas Islam, setelah mencermati perkembangan yang ada, dengan ini menyampaikan pernyataan sebagai berikut :

1. ISIS (NIIS) adalah gerakan yang radikal mengatasnamakan Islam di Irak dan Syria namun tidak mengedepankan watak Islam yang rahmatan lil ‘alamin (rahmat bagi alam semesta). Sebaliknya, ISIS menggunakan pendekatan pemaksaan kehendak, kekerasan, pembunuhan terhadap orang-orang yang tidak berdosa, penghancuran terhadap tempat-tempat yang dianggap suci oleh umat Islam, serta ingin meruntuhkan negara bangsa yang sudah berdiri sebagai hasil perjuangan umat Islam melawan penjajahan.

2. Ormas-ormas dan lembaga-lembaga Islam di Indonesia menolak gerakan ISIS yang dinilai sangat potensial memecah belah persatuan umat Islam dan menggoyahkan NKRI berdasarkan Pancasila.

3. Menyerukan kepada seluruh umat Islam untuk tidak terhasut oleh agitasi dan provokasi ISIS untuk menjelmakan cita-cita ISIS baik di Indonesia maupun di dunia. Kepada segenap organisasi/lembaga Islam, masjid/mushalla, dan keluarga Muslim untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan upaya menangkal berkembangnya gerakan ISIS di seluruh pelosok Tanah Air.

4. Mendukung langkah cepat, tepat, dan tegas pemerintah untuk tidak mengizinkan Gerakan ISIS di Indonesia, dan mendorong Pemerintah melakukan upaya penegakan hukum sesuai hukum yang berlaku. Demikian Pernyataan Sikap yang disepakati oelh Forum Ukhuwah Islamiyah Majelis Ulama Indonesia.

Jakarta, 7 Agustus 2014